Berbagai Jenis Imunisasi DPT

Difteri, Pertusis dan Tetanus 

DPT

DPT dapat menyerang Buah Hati Anda

DPT adalah penyakit yang serius yang disebabkan oleh bakteri. Difteri dan pertusis (batuk rejan/ batuk 100 hari) disebarkan dari orang ke orang melalui saluran nafas. Tetanus masuk ke tubuh melalui luka pada kulit.

DIFTERI

Difteri menyebabkan teggorokan tertutup oleh selaput tebal, sehingga anak tidak dapat bernapas. Kurangnya asupan oksigen ke tubuh karena penyakit ini membuat anak mengalami gagal jantung, lemah anggota tubuh dan kematian.

TETANUS

Tetanus menyebabkan nyeri keram dan kejang pada otot seluruh tubuh, menyebabkan rahang terkunci sehingga anak tidak dapat membuka mulut bahkan menelan. Setiap 10 orang terkena tetanus, 2 dari mereka akan meninggal.

PERTUSIS

Pertusis / Batuk rejan adalah batuk yang sangat parah sehingga bayi dan anak sulit menelan, minum dan bahkan bernapas. Serangan ini dapat terjadi beberapa minggu. Menyebabkan pneumonia, kejang , kerusakan otak dan kematian.

Berbagai Jenis Imunisasi DPT

Vaksin DTP diberikan pada bayi umur 2 bulan dengan umur minimal 6 minggu. Total pemberian vaksin DPT adalah 5 kali yaitu usia

- 2 bulan , 4 bulan, 6 bulan, 18 – 24 bulan, 5 tahun. Selanjutnya pada usia 10 – 18 tahun, anak diberikan vaksin Td.

Vaksin DPT generik disediakan di Puskesmas dan diberikan secara gratis. Namun vaksin ini menyebabkan anak anda demam sekitar 3 hari dan biasanya diberikan penangkal demam. Anak terkadang menjadi rewel dan menangis terus. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, sekarang sudah ada vaksin DPT yang tidak menyebabkan demam atau jika demam pun hanya ringan sekali. Tentunya harganya pun lebih mahal.

DPT tanpa demam itu mengandung bakteri pertusis yang aselular, oleh karena itu singkatannya menjadi DP(a)T.

VAKSIN KOMBINASI/ COMBO

Vaksin kombinasi adalah vaksin yang terdiri dari bermacam-macam antigen dalam satu kemasan. Manfaat vaksin kombinasi adalah untuk mempermudah pemberian vaksin, dan mengejar imunisasi yang terlewatkan.

Untuk mengurangi trauma akibat banyaknya jumlah suntikan pada satu kunjungan, kami menyediakan vaksin yang telah mendapatkan lisesi sesuai indikasi dan umur anak. Maka lebih dianjurkan vaksin kombinasi daripada vaksin terpisah. Imunogenitas dan keamanan vaksin kombinasi setara dengan vaksin bila diberikan terpisah.

DPT dikombinasikan dengan Hib (Hemofilus Influenza) penyebab radang selaput otak pada bayi dan Polio. Kelebihannya polio ini adaah vaksin mati sehingga tidak ada efek samping menjadi polio di kemudian hari.

Vaksin kombo ini ada beberapa jenis :
1. DPT- Hib (4 vaksin dalam 1 suntikan) dengan merk Tetract Hib & Infanrix Hib
2. DP(a)T – Hib – IPV (5 vaksin dalam 1 suntikan) dengan merk Pediacel & Infanrix-Hib-IPV

Call In Harmony Clinic  021- 4220 214 (Jl Percetakan Negara IVB No.48)

untuk Kualitas Terbaik & Layanan Home Service

One Response to Berbagai Jenis Imunisasi DPT

  1. Louis Vuitton Outlet says:

    Cannot believe the naive comments. You go and visit these places and you will see exactly what having this sort of communication means to the community. Alerts for all sorts of disasters

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>