Imunisasi BCG

Imunisasi BCGVaksin Bacille Calmette-Guerin (BCG) dibuat dari bakteri Mycobacterium Bovis hidup yang sudah dilemahkan. Ditemukan oleh Albert Calmette, ahli mikrobiologi danCamille Guerin dari Perancis dan sudah terkenal sejak tahun 1921.

Mengenal penyakit TBC

Tuberkulosis masih merupakan penyakit infeksi saluran napas yang tersering di Indonesia.

Bila TBC tidak diobati, dalam 5 tahun 50% penderita akan Mati,

25% yang lain akan makin parah dan menyebarkan TBC ke orang-orang disekitarnya……

Tuberkulosis adalah penyakit menular yang disebabkan kuman Mycobacterium tuberculosis dan Mycobacterium bovis. Paling sering menyerang paru-paru, tapi bisa juga organ lain seperti selaput otak, tulang dan payudara. Penyakit ini menular melalui butiran air di udara yang keluar saat penderita batuk, bicara, atau bersin. Seorang yang tertular TB belum tentu sakit TB. Kuman TB dapat dapat menjadi tidak aktif (dorman) selama bertahun-tahun dengan membentuk suatu dinding sel berlapis lilin tebal. Ketika kekebalan tubuh turun, kuman TB menjadi aktif dan menyebabkan orang terserang penyakit tuberkulosis.

Tuberkulosis (TB atau TBC) pada anak memang berbeda dengan TBC pada orang dewasa. TBC pada anak menginfeksi primer di parenkim paru yang tidak menyebabkan refleks batuk, sehingga jarang ditemukan gejala TBC yang khas seperti batuk berdahak.

Pada parenkim paru ini juga kuman cenderung lebih sedikit, maka TBC tidak menular antara sesama anak. Penyakit TBC sangat mudah menular dari orang tua ke anak, tapi TBC tidak menular dari anak ke anak.

Kapan saat terbaik pemberian Vaksin BCG ?

Optimal diberikan pada umur 2 – 3 bulan. Bila vaksin BCG akan diberikan setelah usia 3 bulan, dilakukan uji tuberkulin dulu. Jika ada reaksi lokal, perlu dievaluasi lebih lanjut (diagnostic TB)WHO menganjurkan untuk memberi vaksin lewat suntikan di lengan kanan, tapi Anda boleh meminta suntikan diberikan di kanan atas panggul, bukan di bagian paha karena bisa menimbulkan jaringan parut yang akan menarik otot paha.

Vaksin BCG bisa memberi perlindungan selama 15 tahun dengan tingkat efektifitas 40% tergantung sistem kekebalan anak.  Imunisasi BCG cukup dilakukan satu kali saja. Karena imunisasi ini berisi kuman hidup yang dilemahkan yang akan membuat antibodi yang dihasilkan cukup tinggi dan selalu diproduksi oleh tubuh.

Jaringan Parut/ Luka BCGIdealnya suntikan BCG memang berbekas karena penyuntikannya dilakukan di kulit (istilahnya adalah intradermal atau intrakutan). Setelah beberapa minggu (biasanya sekitar 6 minggu), penyuntikan vaksin BCG akan menimbulkan bisul di lokasi penyuntikan. Bisul tesebut akan pecah dan mengeluarkan cairan seperti nanah dan kemudian kering dan meninggalkan bekas. Namun jika tidak meninggalkan bekas sama sekali, imunisasi BCG ini tidak perlu diulang lagi. Vaksin tetap bisa memberi proteksi terhadap terjadinya TB berat

Mengapa walaupun diberi vaksin BCG banyak yang terkena TBC ?

BCG tidak mencegah 100 persen dari TBC, jadi tetap anak Anda bisa terkena TBC, namun bukan TBC yang berat. TBC yang termasuk ke dalam TBC berat adalah :

  • TBC milier ( kuman TBC menyebar di seluruh bagian paru dan membuat koloni sangat padat sehingga paru-paru penuh kuman dan menjadi bolong-bolong dan juga menyebar ke seluruh tubuh).
  • TBC otak (TBC menyerang otak dan membentuk peradangan di selaput otak) sehingga timbul kejang-kejang, tiak nyambung, demam dan kaku pada leher
  • TBC tulang (TBC menyerang tulang sehingga tulang menjadi lunak dan mudah patah)

TBC seperti TBC paru mudah menyembuhkannya asalkan patuh pada pengobatan yang diberikan oleh dokter selama 6 – bulan saja.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>