Cacar Air Sudah Ada Vaksinnya di Jakarta

Cacar Air Sudah Ada Vaksinnya

 

cacar-airCacar air yang bahasa Inggrisnya Varicella, zaman dahulu disebut dengan Chickenpox. Banyak mitos tentang penyakit ini, ada yang mengatakan bahwa lebih baik saat anak-anak dikenakan cacar air sehingga saat dewasa tidak akan kena lagi. Hal ini adalah mitos yang keliru. Justru dengan seseorang pernah memiliki riwayat cacar air, selanjutnya akan berkesempatan terkena penyakit herpes atau cacar ular.

Masa inkubasi penyakit ini berlangsung selama 14 – 16 hari. Gejala prodromal yang timbul pada 2 hari pertama berupa demam yang tidak terlalu tinggi, malaise, dan nyeri kepala. Selanjutnya akan timbul erupsi kulit berupa papul eritematosa yang dalam beberapa jam berubah menjadi vesikel dengan bentuk khas berupa tetesan embun (tear drops) dan dapat timbul rasa gatal. Vesikel ini kemudian berubah menjadi pustula dan krusta (keropeng).

cacar air

Penyebaran vesikel terutama di badan, kemudian menyebar secara sentrifugal ke muka dan ekstrimitas. Virus ini juga dapat menyerang selaput lendir mata, mulut serta saluran nafas bagian atas.
Pencegahan pada individu yang belum mendapat imunitas terhadap cacar air adalah dengan menghindari kontak dengan individu yang terinfeksi cacar air atau dengan pemberian vaksin varisela.

 

Vaksin Varicella- Zoster

Sejak tahun 1995 sudah ditemukan vaksin untuk mencegah cacar air di Amerika.

Vaksin ini merupakan vakin hidup yang dilemahkan. Mulai digunakan secara luas di Amerika dan diperuntukkan bagi individu yang berusia 12 bulan atau lebih.

Individu yang tidak memiliki imunitas terhadap Virus ini sebaiknya mendapatkan 2 dosis vaksin “single-antigen”.

 

Siapa yang membutuhkan vaksin Vaksin Cacar Air?

  1. Individu yang memiliki kontak dekat dengan orang yang memiliki risiko tinggi untuk terinfeksi (petugas kesehatan, keluarga dari pasien dengan daya tahan tubuh lemah).
  2. Individu yang berisiko terpajan cacar air berkaitan dengan profesinya : guru, petugas kesehatan, staf medis, mahasiswa, anggota militer, wanita usia subur yang belum hamil, orang yang sering bepergian/ wisatawan.
  3. Mempunyai rencana hamil di masa yang akan datang
  4. Orang yang hidup satu rumah dnegan anak-anak
  5. Berencana untuk bepergian ke luar negri.

Manfaat

Vaksin varicella-zoster dapat mencegah timbulnya varisela pada sebagian besar individu. Tetapi apabila tetap timbul infeksi cacar air pada individu yang telah divaksin, gejala klinisnya akan lebih ringan dan penyembuhannya cenderung lebih cepat.

 

Cara Pemberian Vaksin :

1. Diberikan sebanyak 0,5 ml secara subkutan dengan jarum 23-25G di lengan atas postero lateral.

2. Diberikan 2 dosis dengan rentang waktu 4 – 8 minggu. Dosis kedua harus diberikan pada semua orang yang sudah menerima dosis pertama.

3. Vaksinasi post partum harus diberikan untuk individu yang tidak memiliki imunitas terhadap varicella. Vaksinasi diberikan dalam 2 dosis. Pertama adalah sebelum pasien pulang dari rumah sakit, dosis kedua adalah 4 – 8 minggu kemudian.

Kontra Indikasi :

1. Sedang hamil atau akan hamil dalam 1 bulan ke depan

2. Riwayat alergi serius (anafilaksis) setelah pemberian vaksin VZV sebelumnya

3. Supresi terhadap imunitas seluler

Efek Samping :

1. Nyeri atau bengkak di tempat suntikan (1 dari 5 kasus)

2. Demam (1 dari 10 kasus)

3. Ruam Ringan (1 dari 20 kasus)

Di manakah vaksin ini didapatkan?

Saat ini sulit sekali mendapatkan vaksin varicella di Indonesia, namun kami memiliki vaksin tersebut karena memiliki relasi di luar negri dan kami import reagen ini sehingga dapat tersedia di Indonesia. Oleh karena itu bagi Anda yang membutuhkan vaksin varisela ini dapat menghubungi :

Klinik In Harmony (021- 4220 214 / 424 8790)

Jl. Percetakan Negara IVB No.48, Jakarta Pusat

atau dr. Meta (085 32 32 32 901)

CALL NOW !!! Persediaan Terbatas.

Pemesanan Online, klik link berikut ini :

http://www.inharmonyclinic.com/service

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>