Imunisasi Hepatitis B – Yang Perlu Anda Ketahui

Hepatitis B adalah penyakit serius yang mempengaruhi liver.

Kumpulan vaksin hepatitis (A, B, AB)

Penyebabnya adalah virus hepatitis B (HBV). Hepatitis virus ini menyebabkan peradangan hati akut atau menahun, yang pada sebagian kasus berlanjut menjadi sirosis hati atau kanker hati.

• Tahun 2009, sekitar 38.000 orang tertular hepatitis B

• Setiap tahun, kira-kira 2.000-4.000 orang di Amerika meninggal akibat penyakit sirosis atau kanker liver akibat hepatitis B.

Hepatitis B bisa mengakibatkan:

Penyakit yang akut (dalam jangka waktu lama). Yang mengakibatkan:

hilang nafsu makan, diare dan muntah , letih , kulit atau mata menjadi kuning, rasa sakit pada otot, tulang sendi, dan perut.

Penyakit yang akut lebih sering terjadi pada orang dewasa. Anak-anak yang tertular biasanya tidak menunjukkan gejala.

Infeksi yang kronis (dalam jangka waktu lama). Sebagian orang kemudian menderita infeksi Hepatitis B yang kronis. Kebanyakan mereka tidak menunjukkan gejala, tapi infeksi ini tetap menjadi sangat serius dan dapat mengakibatkan:  kerusakan liver (sirosis) , kanker liver, kematian.

Infeksi kronis lebih sering dialami bayi dan anak-anak dibanding orang dewasa. Mereka yang tertular dengan kronis bisa menyebarkan virus Hepatitis B pada orang lain, sekalipun jika mereka tidak tampak sakit.

Ada 3 kemungkinan tanggapan kekebalan tubuh terhadap virus hepatitis B pasca periode akut. Kemungkinan pertama, jika tanggapan kekebalan tubuh adekuat, maka akan terjadi pembersihan virus hepatitis B, pasien sembuh. Kedua, jika tanggapan kekebalan tubuh lemah, maka pasien tersebut akan menjadi carrier hepatitis B inaktif. Ketiga, jika tanggapan tubuh bersifat intermediate (antara dua hal di atas), maka penyakit terus berkembang menjadi hepatitis B kronis.

 

BAGAIMANA PENULARAN HEPATITIS B ?

Virus Hepatitis B mudah tersebar melalui kontak dengan darah atau cairan tubuh lainnya dari orang yang tertular. Orang-orang juga bisa tertular bila mengalami kontak dengan obyek yang terkontaminasi, di mana virus ini bisa bertahan hidup hingga 7 hari.

Seseorang bisa tertular melalui:

• Bayi yang ibunya tertular bisa ketularan saat dilahirkan
• Anak-anak, remaja, orang dewasa bisa tertular melalui:
- kontak dengan darah dan cairan tubuh melalui kulit yang terbuka seperti gigitan, sayatan, atau luka memar;
- kontak dengan benda-benda yang bisa dihinggapi oleh darah atau cairan tubuh manusia, misalnya sikat gigi, alat cukur, atau alat pemantau dan alat perawatan penyakit diabetes.
- melakukan hubungan seks tanpa pengaman dengan orang yang tertular
- berbagi jarum saat menyuntikkan obat
- tertusuk jarum bekas

 

MENGAPA PERLU DIVAKSIN HEPATITIS B ?

Vaksinasi Hepatitis B bisa mencegah hepatitis B, dan beberapa akibat serius dari infeksi Hepatitis B , termasuk kanker liver dan sirosis.

Imunisasi Hepatitis B secara rutin pada anak-anak di AS dimulai pada tahun 1991. Sejak saat itu, kasus hepatitis B akut di kalangan anak-anak dan remaja dilaporkan mengalami penurunan hinlebih dari 95% – dan hingga 75% pada semua kelompok usia.

Imunisasi Hepatitis B bisa diberikan secara tersendiri atau dalam suntikan yang sama bersama vaksin lain. Sejak tahun 1990, infeksi Hepatitis B yang baru di kalangan anak-anak dan remaja telah berkurang hingga lebih dari 95% – dan hingga 75% pada kelompok-kelompok usia lain.

Vaksinasi memberikan perlindungan jangka panjang terhadap infeksi Hepatitis B, dan mungkin seumur hidup.

 

Siapa yang sebaiknya mendapat imunisasi Hepatitis B dan kapan?

1. Anak-anak dan Remaja

• Biasanya bayi mendapatkan 3 dosis vaksin Hepatitis B:

 Dosis pertama: Saat lahir
 Dosis kedua: usia 1-2 bulan
 Dosis ketiga: usia 6-18 bulan

Sebagian bayi mungkin diberi 4 dosis, misalnya jika menggunakan vaksin campuran yang mengandung Hepatitis B . (Satu kali suntikan yang mengandung beberapa vaksin.) Dosis ekstra tidak membahayakan.

• Semua orang sampai usia 18 tahun yang belum pernah mendapatkan vaksinasi ini sebaiknya juga divaksinasi.

2. Orang Dewasa

• Semua orang dewasa yang belum divaksinasi yang beresiko tertular Hepatitis B sebaiknya divaksinasi. Termasuk di antaranya:

- pasangan seks orang yang tertular HBV (hepatitis virus )
- pria yang berhubungan seks dengan sesama jenis
- orang-orang yang menyuntikkan narkoba yang dijual di jalanan
- orang-orang yang memiliki pasangan seks lebih dari satu
- penderita penyakit liver kronis atau penyakit ginjal
- orang-orang yang pekerjaannya membuat mereka terekspos pada darah manusia atau cairan tubuh
- Penderita diabetes di bawah usia 60 tahun
- kontak dengan anggota keluarga di rumah yang tertular Hepatitis B
- penghuni dan staf panti untuk penderita cacat
- penderita cuci darah
- orang-orang yang bepergian ke negara-negara yang lazim terdapat Hepatitis B
- penderita infeksi HIV

 

• Mungkin orang-orang lain disarankan oleh dokter mereka untuk mendapatkan vaksin hepatitis B. Misalnya: penderita diabetes usia 60 tahun ke atas. Semua orang lain yang ingin terlindung dari infeksi hepatitis B bisa divaksinasi.

• Wanita hamil yang berisiko mengalami salah satu hal di atas sebaiknya divaksinasi. Wanita hamil lainnya yang ingin mendapat perlindungan juga bias divaksinasi.

Orang dewasa yang mendapat vaksin hepatitis B sebaiknya diberi 3 dosis – di mana dosis ke dua diberikan 4 minggu setelah dosis pertama dan dosis ke tiga diberikan 5 bulan setelah dosis ke dua.

Dokter Anda akan memberitahu jadwal pemberian dosis Anda yang bisa digunakan dalam keadaan tertentu.

 

IMUNISASI HEPATITIS B : AMANKAH ?
Hepatitis B adalah vaksin yang sangat aman. Sebagian besar orang tidak mengalami masalah dengannya.

Vaksin ini mengandung bahan yang tidak menular dan tidak menyebabkan infeksi hepatitis B. Masalah yang berat jarang terjadi. Reaksi alergi yang parah diyakini terjadi sekitar satu kali dalam 1,1 juta dosis.

 

DI MANA ANDA BISA MENDAPATKAN IMUNISASI HEPATITIS B?

Klinik In Harmony memberikan layanan untuk Imunisasi Hepatitis B baik perorangan (HOME SERVICE) maupun masal untuk komunitas dan institusi.

Segera hubungi :

dr Meta 085 32 32 32 901

atau : 021- 4220 214 / 424 8790 (Klinik Imunisasi In Harmony)

Jl. Percetakan Negara IVB No.48, Jakarta Pusat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>